Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

welcome

Menumbuhkan Motivasi Belajar


Menumbuhkan Motivasi Belajar

Beberapa cara untuk menimbulkan motivasi belajar pada siswa antara lain.
a. Bersemangat dan antusias
Guru yang kelihatan tidak segar, gerak, lamban, dan suara lirih serta kurang hangat akan memepengaruhi siswa dalam belajar, karena itu hendaknya bersikap ramah, antusias dan penuh semangat. Sebab, sikap yang demikian itu dapat menimbulkan reaksi dalam diri siswa yang mendorong mereka untuk ikut aktif dan mau terlibat.
b. Menimbulkan rasa ingin tahu
Guru dapat menimbulkan motivasi yang kuat dengan cara menimbulkan rasa ingin tahu dan keheranan pada diri siswa. Menceritakan suatu peristiwa actual yang menimbulkan pertanyaan atau menunjukkan model atau gambar yang merangsang siswa untuk berfikir merupakan cara-cara yang dapat digunakan. Ini jauh lebih efektif daripada memberikan ancaman hukuman.
c. Memperhatikan dan memanfaatkan hal-hal yang menjadi perhatian siswa
Membuka pelajaran bias di awali dengan mengungkapkan hal-hal yang sedang actual danrelevan dengan materi yang akan dipelajari. Guru dapat mencari apa yang menjadi perhatian siswa? Apakah peristiwa yang sedang dibicarakan masyarakat? Apakah itu yang menjadi model? Apakah itu yang lagi menjadi berita hangat? Di sini, guru dituntut jeli, menguasai persoalan dalam kaitannya dengan materi yang akan diajarkan, serta mampu merekam situasi yang sedang menarik perhatian siswa. Dan itu berarti guru harus ikut aktif mengikuti perkembangan lewat surat kabar, TV, internet, majalah dan sebagainya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar