Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Menjaga Silaturahmi


Menjaga Silaturahmi

Seringkali kita mendengar istilah bahwa silaturahmi memperluas rejeki dan bisa memperpanjang umur kita.Tentu saja,kita juga sering mendengar peringatan dari Allah tentang orang-orang yang suka memutusan tali silaturahmi.Sebaliknya,kita juga sering mendengar janji-janti pahala dari Allah bagi mereka yang menjaga silaturahmi.
Silahturahmi pada dasarnya bertujuan baik untuk tetap menjaga hubungan persaudaraan.Siapapun dianjurkan melakukan pada agama apapun.Orang yang bersilaturmi,sudah tentu memiliki banyak teman dan karib kerabat.
Nah berbicara tentang silaturahmi,ternyata Allah telah menyuruh kita jauh-jauh hari untuk menjaga ikatan silaturahmi tersebut, dalam artian menjaga hubungan kekeluargaan dan persahabatan.Apa yang Allah perintahkan tentu saja memiliki hikmah tersembunyi dibaliknya.Hal ini sama sekali tidak dapat kita bantah.
Memang dalam keseharian,kebanyakan dari kita memahami silaturahmi hanyalah sebatas kunjungan kekerabatan,kangen-kangenan,saling mengenalkan antar keluarga,dsb.Tapi makna terpenting dari silaturahmi itu sendiri sesungguhnya sering terlupakan.
Lantas,apa makna pentingnya? Tak lain dan tak bukan adalah saling mengingatkan dalam kebenaran,saling menguatkan iman,saling meneguhkan dalam satu ikatan ukuwah Islamiyah.Manfaat silaturahmi salah satunya memang bisa memperpanjang umur dan bertambah rejekinya.Rasulullah saw bersabda "Siapa yang senang untuk dilapangkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya,maka hendaklah ia menyambung silaturahmi(HR.Bukhari)".

Yang dimaksud dengan bertambahnya umur itu bukan semata-mata terletak pada bilangan tahunnya,tetapi bagaimana memaknai umur tsb.Yaitu intinya keberkahan umur.Bisa saja,ada orang yang umurnya pendek tapi dikenang,sebaliknya ada juga yang panjang umurnya,tetapi justru tak bermakna alias tidak memberi kesan manfaat yang mendalam.
Lalu apa maksud silaturahmi dapat menambah rejeki?
Ingat,rejeki itu tidak hanya berupa materi.Rejeki itu sejatinya dimaknai sebagai sesuatu yang mengandung manfaat dan menjadikan hati bahagia dengan mendapatkannya.Tentu saja silaturahmi menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan rejeki tersebut.Dengan Silaturahmi kita bisa saling mengenal,mengetahui kondisi keluarga masing-masing,mengetahui apa yang saudaranya butuhkan,maka secara naluriah,kita akan merasa menyesal bila tidak berbuat baik dengan sesama.Maka sepatutnyalah kita bersemangat untuk bersilaturahmi.Ingat,barangsiapa yang menyambung silaturahmi,niscaya Allah akan "berhubungan" dengannya.Dan barang siapa memutuskan silaturahmi,maka Allah pun akan memutuskan "hubungan" dengannya.
Semoga artikel singkatku malam ini dapat mendatangkan hikmah bagi kita semua.Amien.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar